Langkah-Langkah Model Cooperative Learning
Model Cooperative Learning - Pada postingan kali ini, Blog Pembelajaran akan share mengenai bagaimana langkah-langkah dalam model cooperative learning. Sebagaimana Noor (2008) menyatakan bahwa ada beberapa langkah yang harus dilakukan berdasarkan komponen model cooperative learning dapat dilihat pada tabel di bawah ini:
Baca juga: Unsur dan Karakteristik Model Pembelajaran Kooperatif
Baca juga: Unsur dan Karakteristik Model Pembelajaran Kooperatif
Langkah-Langkah Pembelajaran Kooperatif
Tabel Langkah-langkah model cooperative learning
Pengelompokan Siswa dalam Model Cooperative Learning
Pengelompokan heterogenitas merupakan ciri-ciri yang menonjol dalam model cooperative learning. Kelompok heterogenitas bisa dibentuk dengan memperhatikan keanekaragaman gender, latar belakang sosiolekonomi dan etnik, serta kemampuan akademis (Noor,2008). Namun dalam penelitian ini, hanya dikelompokkan berdasarkan kemampuan akdemis. Menurut Noor (2008) dalam hal kemampuan akademis, kelompok cooperative learning biasanya terdiri dari satu orang berkemampuan akademis tinggi, dua orang dengan kemampuan sedang, dan satu lainnya dari kelompok kemampuan akademis kurang.
Baca juga: Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT)
Baca juga: Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT)
Kelompok dapat divariasikan dengan beranggotakan dua, tiga empat, dan lima orang. Masing-masing variasi mempunyai kelebihan dan keleman tersendiri yang dapat dilihat pada tabel di bawah ini:
Tabel Kelebihan dan Kekurangan Variasi Kelompok
Model Cooperative Learning (Noor, 2008)
Sekian ulasan sekilas mengenai Langkah-langkah Model Cooperative Learning, semoga dapat membantu dan dapat bermanfaat.
Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon