Langkah-Langkah Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan STAD
Langkah-Langkah Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan STAD - Pada kesempatan kali ini, blog Pembelajaran akan share langkah-langkah model Pembelajaran NHT dan STAD. Setelah sebelumnya telah diuraikan mengenai langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Berikut ulasannya:
Baca juga: Langkah-Langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Baca juga: Langkah-Langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Pembelajaran kooperatif tipe NHT atau Number Heads Together dikembangkan oleh Spencer Kagen (1993). Pada umumnya NHT (Number Heads Together) digunakan untuk melibatkan siswa dalam penguatan pemahaman pembelajaran atau mengecek pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.
Langkah-Langkah Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT
Adapun langkah-langkah penerapan model pembelajaran NHT (Number Heads Together) adalah sebagai berikut:
- Guru menyampaikan materi pembelajaran atau permasalahan kepada siswa sesuai kompetensi dasar yang akan dicapai.
- Guru memberikan kuis secara individual kepada siswa untuk mendapatkan skor dasar atau awal.
- Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa, setiap anggota kelompok diberi nomor atau nama.
- Guru mengajukan permasalahan untuk dipecahkan bersama dalam kelompok.
- Guru mengecek pemahaman siswa dengan menyebut salah satu nomor (nama) anggota kelompok untuk menjawab. Jawaban salah satu siswa yang ditunjuk oleh guru merupakan wakil jawaban dari kelompok.
- Guru memfasilitasi siswa dalam membuat rangkuman, mengarahkan, dan memberikan penegasan pada akhir pembelajaran.
- Guru memberikan tes/kuis kepada siswa secara individual
- Guru memberi penghargaan pada kelompok melalui skor penghargaan berdasarkan perolehan nilai peningkatan hasil belajar individual dari skor dasar ke skor kuis berikutnya(terkini).
Langkah-Langkah Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Pembelajaran kooperatif tipe STAD atau Student Teams Achievement Divisions dikembangkan oleh Slavin dkk. Adapun langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) ini adalah sebagai berikut:
Baca juga: Pengertian dan Tahapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Baca juga: Pengertian dan Tahapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
- Guru menyampaikan materi pembelajaran atau permasalahan kepada siswa sesuai kompetensi dasar yang akan dicapai.
- Guru memberikan tes/kuis kepada setiap siswa secara individual sehingga akan diperoleh skor awal.
- Guru membentuk beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa dengan kemampuan yang berbeda-beda (tinggi, sedang dan rendah). Jika mungkin anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku yang berbeda serta kesetaraan jender.
- Bahan materi yang telah dipersiapkan didiskusikan dalam kelompok untuk mencapai kompetensi dasar. Pembelajaran kooperatif tipe STAD, biasanya digunakan untuk penguatan pemahaman materi (Slavin, 1995).
- Guru memfasilitasi siswa dalam membuat rangkuman, mengarahkan, dan memberikan penegasan pada materi pembelajaran yang telah dipelajari.
- Guru memberikan tes/kuis kepada setiap siswa secara individual.
- Guru memberi penghargaan pada kelompok berdasarkan perolehan nilai peningkatan hasil belajar individual dari skor dasar ke skor kuis berikutnya (terkini).
Demikianlah uraian mengenai langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe NHT dan STAD. Semoga dapat bermanfaat dan bisa diimplementasikan dalam pembelajaran.
2 komentar
Tips yang bgus.... tapi.. Indonesia kapan seperti ini?
:'(
Indonesia cuma tau DEMO
blog walking ya mbak..
Mudah2an secepatnya... :D
Mksh dh mampir...
Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon