Unsur dan Karakteristik Model Pembelajaran Kooperatif
Unsur dan Karakteristik Model Pembelajaran Kooperatif – Pada postingan kali ini, situs Dunia Pembelajaran akan share mengenai unsur-unsur dan karakteristik model pembelajaran kooperatif. Menurut Lundgren (1994), Arends (1997), dan Ibrahim, dkk. (2000: 6) unsur-unsur dalam pembelajaran kooperatif adalah sebagai berikut:
- Pebelajar dalam kelompoknya haruslah beranggapan bahwa mereka "sehidup sepenanggungan",
- Pebelajar memiliki tanggung jawab terhadap pebelajar lainnya dalam kelompok, di samping tanggung jawab terhadap diri mereka sendiri dalam mempelajari materi yang dihadapi,
- Pebelajar haruslah berpandangan bahwa semua anggota di dalam kelompoknya memiliki tujuan yang sama,
- Pebelajar haruslah membagi tugas dan tanggung jawab yang sama diantara anggota kelompoknya,
- Pebelajar akan diberikan evaluasi atau penghargaan. yang akan berpengaruh terhadap evaluasi seluruh anggota kelompok,
- Pebelajar berbagi kepernimpinan dan mereka membutuhkan keterampilan untuk belajar bersama selama proses belajarnya,
- Pebelajar akan diminta mempertanggungjawabkan secara individual materi yang ditangani di dalam kelompoknya.
Baca juga:
Karakteristik Model Pembelajaran Kooperatif
Berdasarkan uraian di atas, dapat dikemukakan bahwa ciri-ciri atau karektristik dari pembelajaran kooperatif adalah sebagai berikut:
- Kelompok dibentuk dari pebelajar yang memiliki kemampuan tinggi, sedang, dan rendah,
- Jika memungkinkan, setiap anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku, jenis kelamin yang berbeda,
- Pebelajar belajar dalam kelompok secara kooperatif untuk menuntaskan materi,
- Penghargaan lebih berorientasi kelompok dari pada individu.
Demikianlah uraian singkat mengenai karakteristik model pembelajaran kooperatif. Semoga dapat dipahami dan dapat bermanfaat.
Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon