-->
loading...

Wednesday, June 29, 2016

Model Pembelajaran Bahasa Inggris Grammar Translation Method

Grammar Translation Method - Pada postingan kali ini, Dunia Pembelajaran akan share mengenai model pembelajaran bahasa Inggris. Setelah pada postingan sebelumnya Dunia Pembelajaran telah share perihal 5 macam Model Pembelajaran Bahasa Inggris. Maka menindaklanjuti postingan tersebut bahwa masih ada 3 model pembelajaran bahasa Inggris yang lain yang masih serumpun ke dalam model pembelajaran bahasa Inggris. Dan salah satu model tersebut adalah Model Pembelajaran Gramar Translation Method yang akan Dunia pembelajaran uraikan kali ini. Langsung saja berikut uraiannya.

Baca juga: 5 Macam Model Pembelajaran Bahasa Inggris

Pada metode Grammar (the Grammar Method) siswa mempelajari kaidah-kaidah gramatika bersama-sama dengan daftar atau kelompok-kelompok kosakata. Kata-kata tersebut kemudian dijadikan frase atau kalimat berdasarkan kaidah yang telah dipelajari. Pada metode ini penguasaan kaidah-kaidah lebih diutamakan daripada penerapannya. Ketrampilan lisan, seperti pelafalan, tidak dilakukan. Metode ini mudah penerapannya karena guru tidak harus fasih berbicara bahasa yang harus dipelajari, sedangkan evaluasi dan pengawasannya juga tidak sulit.

Metode Translation (the Translation Method) berisi kegiatan-kegiatan penerjemahan teks yang dilakukan dari hal mudah ke hal yang sulit. Pertama dari bahasa sasaran ke bahasa ibu dan sebaliknya. Penerjemahan teks dilakukan dengan cara penerjemahan kata per kata maupun gagasan per gagasan termasuk ungkapan-ungkapan idiomatic.

Karakteristik Model Grammar Translation Method

Model Pembelajaran Bahasa Inggris Grammar Translation Method
Perpaduan dua metode tersebut di atas melahirkan metode Grammar-Translation (the Grammar Translation Method/GTM) yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Pengajaran dimulai dengan pemberian kaidah-kaidah gramatika dan mengacu pada kerangka gramatika formal.
  • Kosakata yang diajarkan bergantung pada teks yang dipilih sehingga tidak ada kesinambungan antara kelompok atau daftar kosakata yang satu dengan yang lainnya.
  • Penghafalan dan penerjemahan merupakan ciri kegiatan yang menonjol, yaitu menghafal dan menerjemahkan kosakata dan kaidah gramatika.
  • Pelafalan tidak diajarkan atau sangat dibatasi hanya pada beberapa aspek saja.
  • Lebih menekankan pada ketrampilan membaca dan menulis daripada menyimak dan berbicara.

Dari uraian di atas, GTM dapat didefinisikan sebagai metode pengajaran bahasa melalui analisis kaidah-kaidah bahasa secara rinci dan diikuti dengan penerapan pengetahuan tentang kaidah-kaidah tersebut untuk tujuan penerjemahan kalimat-klimat dan teks-teks, baik dari bahasa sasaran ke bahasa ibu atau sebaliknya.

Baca juga: Metode Pembelajaran Bahasa Inggris The Audio-Lingual Method

Ciri-ciri Grammar Translation Method (GTM):
  • Menekankan ketepatan; siswa diharapkan dapat mencapai standar yang tinggi dalam penerjamahan.
  • Meruntutkan butir atau kaidah-kaidah gramatika bahasa sasaran dengan ketat dalam silabus.
  • Menggunakan bahasa ibu pelajar sebagai medium instruksi

Teknik-teknik dalam Grammar Translation Method:
  • Translation of a literary passage
  • Reading comprehension questions
  • Antonyms/Synonyms
  • Cognates
  • Deductive application of rule
  • Fill-in-the-blanks
  • Memorization
  • Use words in sentences
  • Composition

Demikianlah uraian mengenai Model Pembelajaran Bahasa Inggris Grammar Translation Method. Semoga dapat bermanfaat dan bisa menginspirasi dalam merencanakan model pembelajaran bahasa Inggris.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon